Yuk Buat Animasi Pakai Scratch!

Hi, kamu udah tau apa itu Scratch? Garuk. Yak betol. 



Tapi bukan. Scratch yang bakal aku bahas di sini adalah aplikasi buat bikin animasi. Kamu bisa kunjungi web nya di sini.

Emang nih ya, banyak banget aplikasi dan web yang aku pelajarin di semester ini. Namanya juga makul Media Pembelajaran dan TI. So, wajar kalau postingannya berbau iptek dan digital. Tapi santai, aku juga ngepost yang lainnya juga kok (selain MPTI), apaan tuh? Search aja yang ada tag 'suka-suka'.

Kembali ke Scratch. Di postingan sebelum ini aku udah pernah bahas Toondo, sebenarnya keduanya hampir-hampir mirip karena sama-sama membuat animasi, hanya saja kalau Scratch bisa membuat animasi yang bisa bergerak dan mengeluarkan suara. Langsung aja kali ya kita ke langkah-langkahnya, again, kamu bisa klik di sini

Pengalaman waktu awal-awal bikin Scratch emang susah, karena banyak tombol yang nggak ngerti itu buat apa, dan bagaimana cara memfungsikannya. Tapi nggak usah khawatir, karena di halaman awal setelah kita sign in atau log in, ada video pendek tutorialnya. Jadi bagi pemula seperti saya, sangat dianjurkan menonton video tersebut.😀

Anyway, selamat mencoba and here is a short and simple animation that I made on Scratch. Check this out, pal!




Comments

Post a Comment